5 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, siapa yang tidak mengenal buah nangka? Buah nangka masuk dalam genus Artocarpus dengan nama ilmiah Artocarpus Heterophyllus. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 20-30 meter. Diameter batangnya bisa mencapai 1 meter. Jika batangnya disayat, tanaman ini mengeluarkan getah putih pekat.

Tahukah sobat sehat? buah nangka atau dalam bahasa inggris disebut dengan jackfruit memiliki bau dan rasa yang khas. Negara yang biasa membudidayakan dan mengkonsumsi buah nangka adalah Indonesia, Srilangka dan Bangladesh.

Daging buah nangka mengandung zat tepung yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah nangka ini mengandung vitamin A, C, kalium, tiamin, kalsium, dan zat besi yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan organ-organ tubuh manusia.

Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan dengan mengkonsumsi buah nangka yang kaya manfaat ini :

1. Mengurangi Resiko Sakit Jantung
Serangan jantung atau dalam bahasa medis dikenal dengan infark miokardinal merupakan terhentinya aliran darah menuju jantung meskipun hanya sesaat yang mengakibatkan matinya sebagian sel jantung. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang ditakuti manusia seluruh dunia. 

Orang-orang dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, malas bergerak atau olahraga, makan makanan dengan kolesterol tinggi, dll harus waspada dengan penyakit ini. Dengan mengkonsumsi buah nangka dapat mengurangi tekanan darah, karena kalium yang terkandung di dalamnya. Selain itu, buah nangka ini juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat mengurangi kolesterol sehingga penyakit yang menyertai seperti diabetes dan jantung koroner bisa berangsur-angsur membaik.

2. Mencegah Anemia
Penyakit anemia adalah penyakit dimana kondisi tubuh sedang melemah karena sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah memiliki jumlah di bawah normal. Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang setara dengan sayuran hijau sehingga mampu digunakan untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Jika sobat sehat kekurangan sel darah merah, tubuh akan merasa lemah dan sering merasa pusing.

3. Melindungi Tiroid Sehat
Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar endoktrin terbesar di dalam tubuh manusia. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi, membuat protein dan mengatur sensitifitas terhadap sel lain. Mineral mikro dan tembaga yang terkandung di buah nangka  efektif untuk metabolisme tiroid. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang merupakan kerangka yang berfungsi menopang tubuh. Tanpa tulang tubuh sobat sehat tidak akan mampu berdiri tegak. Sejak bayi hingga dewasa tulang terus tumbuh secara bertahap. Ternyata kalsium juga terkandung dalam buah nangka sehingga bisa menjaga kesehatan tulang. Selain itu buah nangka juga mengandung kalium yang berfungsi untuk membantu mengurangi kalsium melalui ginjal. Bagi penderita osteoporosis buah ini disarankan untuk menjadi salah satu menu harian.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh pada manusia diperlukan untuk menjaga serangan dari bakteri atau organisme dan molekul-molekul. Sobat sehat harus meningkatkan imunitas diri dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tentunya mengandung vitamin C. Di dalam buah nangka juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat dapat menjauhkan sobat sehat dari berbagai penyakit dan infeksi. 

Jangan jadikan buah nangka sebagai solusi utama penyembuhan jika sobat sehat saat ini memiliki penyakit yang disebutkan di atas. Ubahlah gaya hidup yang tak sehat menjadi gaya hidup yang lebih sehat dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Semoga artikel tentang 5 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔