Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Telinga yang Berjamur (Otomikosis)

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, kali ini admin ingin membagikan pengalaman pribadi untuk sobat sehat semua. Pernahkah sobat sehat mendengar tentang penyakit telinga yang berjamur?mungkin jawabannya lebih banyak yang belum pernah mendengar penyakit telinga berjamur atau dalam bahasa medisnya otomikosis ini. Penyakit telinga yang umum didengar seperti telinga tersumbat, telinga kemasukan air atau telinga berdengung. Kok bisa ya telinga berjamur?

Siapa diantara sobat sehat yang suka mengkorek telinga dengan cutton bud maupun pengait besi untuk mengeuarkan kotoran di dalam telinga?Kebiasaan ini memang sangat enak dan nikmat. Namun, ternyata bisa fatal akibatnya hlo untuk kesehatan telinga. Jadi, jika masih mempunyai kebiasaan itu lebih baik hentikan mulai sekarang juga.

Karena ternyata mengkorek telinga tanpa kita sadari dapat membuat liang telinga menjadi luka dan lecet sehingga dapat bercampur dengan seruman yang mengakibatkan liang telinga menjadi lembab. Kondisi lembab pada liang telinga dan didukung dengan tertutupnya liang telinga dari sinar matahari menjadi media yang dapat menyuburkan jamur di telinga yaitu jamur Candida, Species Apergillus, dan Aspergillus Niger

Nah, ketika jamur sudah hinggap di liang telinga, telinga akan terasa gatal, nyeri dan telinga berasa tertutup cairan yang mengganggu sehingga menimbulkan keinginan untuk mengkorek semakin kuat dan perasaan ini sungguh menyiksa, sungguh tidak bercanda! Padahal, hal ini justru membuat liang telinga semakin luka dan lecet sehingga menambah subur pertumbuhan jamur.

Sebelumnya admin sudah pernah mengalami hal ini beberapa tahun yang lalu dan di tahun ini kambuh lagi. Waktu dulu dokter THT yang menangani tidak menjelaskan secara menyeluruh mengenai penyakit telinga berjamur (ostomikosis) ini. Baru dengan dr. Andriana, Sp.THT, M.Si.Med dijelaskan bahwa jika penyakit ini bisa terjadi karena kebiasaan mengkorek telingan dan bisa kambuh lagi jika kebiasaan mengkorek masih dilakukan.

Tahapan pengobatan yang dilakukan adalah :
  1. dokter THT mendiagnosa dengan cara melihat liang telinga dengan kamera khusus yang dimasukkan ke dalam liang telinga dan nampaklah bintik-bintik warna hitam yang menggerombol, itulah si jamur nakal yang mengganggu.
  2. Kemudian disuruh berbaring diberi obat tetes telinga khusus anti jamur dan diambillah jamurnya dengan cara disedot menggunakan alat. Seketika perasaan plong yang dirasakan.
  3. Liang telinga diberi salep anti jamur, sedikit perih ketika dioleskan karena liang telinga yang lecet.
  4. dokter THT memasukkan kapas ke dalam liang telinga dan dibiarkan tanpa mengambil si kapas kembali.

Kemudian dokter meresepkan obat minum sebanyak 3 jenis yaitu obat anti bengkak, antibiotik dan anti gatal. Setelah 2 hari kemudian dr. Adriana, Sp.THT, M.Si.Med menyuruh untuk kontrol lagi tanpa melepas kapas yang disumpalkan ke liang telinga.


Setelah 2 hari kontrol, jamur tidak muncul kembali. Namun, liang telinga masih sedikit lecet karena masih terlihat merah. dokter THT mengoles salep jamur dan menyumpal liang telinga kembali agar liang telinga benar-benar dalam keadaan kering (hilang lembabnya). Setelah 2 hari kapas boleh dilepas sendiri tanpa harus ke dokter dan sembuhlah penyakit telinga berjamur ini.


Hal-hal yang harus dijaga agar penyakit ini tidak kambuh lagi :

  • Jangan mengkorek liang telinga dengan apapun contohnya cutton bud maupun pengait besi.
  • Usahakan liang telinga selalu kering tidak lembab atau tidak terkena air misalnya hindari terlebih dahulu olahraga berenang dan menutup telinga ketika mandi.
Penyakit telinga berjamur bukan merupakan penyakit yang mengancam jiwa manusia. Namun jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan yang tepat pastinya akan mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan. Penyakit ini butuh waktu dan penanganan yang berkala agar sembuh total serta usahakan hindari pemicunya.

Pada dasarnya kotoran yang ada di dalam telinga tanpa dikorekpun akan keluar dengan sendiri. Jika sulit untuk keluar sebaiknya serahkan ke dokter THT karena salah salah kotoran bukannya keluar malah semakin masuk ke dalam. Menurut dr. Adriana, Sp.THT, M.Si.Med jika telinga terasa sangat gatal itu pertanda sedang terkena flu karena saluran yang menghubungkan hidung dengan telinga tersumbat. Stop! mengkorek telinga.

Jadi, sobat sehat jika ada permasalahan dengan telinga berjamur (ostokimikosis) segeralah berkonsultasi dengan pakarnya yaitu dokter THT agar dapat penanganan yang tepat. Semoga artikel tentang Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Telinga yang Berjamur (Otomikosis) dapat bermanfaat bagi sobat sehat.
Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
12 Komentar
avatar

thank infonya saat ini saya sedang mengalami sdh ke dokter tht 5 kali Alloh blm memberi kesembuhan

Balas
avatar

dr. Andriana, Sp.THT, M.Si.Med praktek nya dimana ya kakak? Boleh minta lokasi nya? soalnya pacar ane berobat ke tht spesialis gk sembuh2 nih..

Balas
avatar

Boleh sharing dr,Adriana prakteknya dmn? Saya sakit otomikosis dr bulan oktober sampe.sekarang januari blm sembuh total. Padahal rajin check up :(

Balas
avatar

sama juga kondisinya dengan istri saya, tapi Alhamdulillah, dalam sebulan langsung sembuh, cuma rutin ke dokter seminggu 2x, dikasih resep anti jamur sama salep anti jamur, . dan sekarang dah normal lagi

Balas
avatar

terimakasih infonya, n skrg sya sdah d tangani oleh dr. Makmurudin ghofur, sp. THT

Balas
This comment has been removed by the author. - Hapus
avatar

Terima kasih infonya.. saya akan berhati-hati ketika mandi, sering kemasukan air soalnya..

http://www.kesehatan6.com/

Balas
avatar

persis yang saya alami, tidak enak sekali rasanya... kadang2 sy msh suka mengorekny dan sprtiny msh ada jamurnya... blm kdokter lagi tp sudah tidak sakit...apakah jamurny nnt bs hilang? apa hrus kdokter... soalny sakit pas disedot....

Balas
avatar

Telinga saya juga infeksi untuk kedua kalinya,sy sangat tersiksa krn telinga senat senut sampai ke kepala. Sy sudah ke dokter dan diberi otopain. Tapi sudah 2 hari tidak ada perkembangan, mohon infonya cara untuk cepat pulih. Terima kasih

Balas
avatar

malam, kejadiannya sama kaya telinga saya.. resepnya juga sama, cuma obat alerginya atau anti gatalnya untuk malam, dan itupun diminum kalo g bisa tidur.. saya pernah infeksi bakteri tahun lalu, tp kmudian kena jamur,, yah, sabar aja.. skrg masa terapi infeksi jamur.. semoga bisa sembuh.. oya, untuk yg belum sembuh sembuh, saya sarankan ke tht lagi, jgn sungkan untuk kepo.. tanyain aja dokternya macem2 ttg keluhan temen2.. kalau bisa pilih dokter yg dg berobat dg beliau kita bisa "lega" dan "ga was was" karena percuma kalau berobat tp kita g yakin sembuh.. sebenarnya kan Tuhan ya yang ngasih sembuh.. sama pilih dokter yg telaten, g buru2 kalo nanganin, konsulnya dilama2in aja temen2.. itu aja sih klo dr saya.. semoga kita semua diberikan kesehatan selalu.. aamiin

Balas
avatar

biayanya berapa yaa untuk jamur ditelinga itu??? tolong dijawab yaa terimakasih

Balas
avatar

biayanya berapa yaa untuk jamur ditelinga itu??? tolong dijawab yaa terimakasih

Balas

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔