Propolis: Herbal Kuno dengan Banyak Khasiat

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, lebah madu merupakan serangga yang banyak menghasilkan manfaat bagi manusia. Tidak hanya madu, lebah juga menghasilkan propolis. Propolis atau disebut juag lem lebah merupakan suatu zat resin yang dikumpulkan oleh koloni lebah madu dari sumber tumbuhan yang dihisapnya. Bagi lebah madu, propolis digunakan untuk menutupi lubang kecil pada sarang lebah.

Taukah sobat sehat? bahwa propolis sudah digunakan oleh manusia ratusan tahun yang lalu? Masyarakat Mesir Kuno menggunakan propolis untuk mengawetkan mumi, sedangkan ilmuwan Arab, Ibnu Sina, telah mengidentifikasi propolis sebagai malam lebah (beeswax) yang berwarna gelap dan mempunyai sifat membersihkan.

Sedangkan malam lebah yang berwarna terang (kuning) digunakan lebah untuk membuat sarang. Propolis yang mengandung multivitamin (kecuali vitamin K), 16 rantai asam amino esensial, semua jenis mineral (kecuali sulfur), serta bioflavonoid berguna bagi tubuh manusia untuk meregenerasi sel, dan berperan sebagai antioksidan. 

Selain itu, propolis juga mengandung senyawa fenolik yang berguna sebagai antibakteri, anti inflamasi (anti peradangan), anti alergi, serta vasodilatorry atau pelebaran pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah rendah.

Sobat sehat, menurut penelitian menyebutkan bahwa satu tetes propolis setara dengan 500 buah jeruk, dapat dibayangkan berapa kandungan viatmin C yang ada dalam propolis. Disamping itu menurut National Institute of Health (NIH) Amerika, propolis sangat efektif mengobati luka yang disebabkan oleh wabah herpes dan meningkatkan proses penyembuhan pasca operasi.

Propolis dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan antara lain:
  1. mengobati TBC, flu, demam berdarah dan beberaop penyakit lain yang disebabkan oleh virus;
  2. mengobati muntaber, thypus, keputihan dan gangguan kesehatan lain yang disebabkan oleh bakteri;
  3. mengobati jamur kulit, ketombem keputihan yang disebabkan oleh jamur dan gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh jamur;
  4. mengobati gangguan penyakit yang mengakibatkan peradangan seperti, luka bakar, maag, radang tenggorokan, radang ginjal, dan lain sebaginya;
  5. berfungsi dalam memelihara kesehatan darah dan detoksifikasi, serta trigliserin, kolesterol, darah tinggi, stroke, diabetes mellitus, asam urat, dan gangguan pada jantung.
Dewasa ini, telah banyak propolis yang di produksi dalam bentuk cair (drop). Hal ini tentu mempermudah sobat sehat dalam mengkonsumsi propolis dalam keseharian sobat. Menurut pengalaman pribadi admin, mengkonsumsi propolis setiap hari dapat meningkatkan imunitas dan stamina tubuh. 

Propolis dapat dikonsumsi langsung, selain itu juga dapat ditambahkan dalam madu atau air putih. Tidak disarankan mengkonsumsi propolis yang dicampur dengan susu, karena akan merusak kandungan propolis itu sendiri.  

Bagi sobat yang memiliki bayi diusia 1 - 3 tahun sangat disarankan untuk memberi bayi sobat sehat propolis. Pada usia tersebut bayi mulai memasuki fase oral, dimana semua benda yang mereka pegang akan dimasukan ke dalam mulut. Peran propolis adalah memberikan imunitas kepada tubuh bayi apabila benda yang sedang dimainkan oleh bayi mengandung bakteri atau kuman yang dapat menganggu kesehatan bayi. Pemberian propolis pada bayi dapat dicampur pada makanannya (bubur, nasi tim,dll.) atau dengan meneteskan pada air minumnya.

Namun perlu sobat sehat ketahui, bahwa propolis mempunyai resiko negatif bagi mereka yang alergi terhadap produk-produk yang berasal dari lebah madu. Penggunaan propolis yang berlebihan juga dapat mengakibatkan pembengkakan, penumpukan cairan, sensasi terbakar, eksim, dan demam. Semoga artikel tentang Propolis: Herbal Kuno dengan Banyak Khasiat dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔