Kebiasaan yang Membuat Kita Terlihat Lebih Tua Tanpa Disadari

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, rata-rata manusia apalagi bagi kaum perempuan kata "tua" menjadi kata yang membuat sensitif. Inginnya sih terlihat muda terus, tapi apa boleh buat proses penuaan merupakan proses alamiah yang tidak bisa kita hindari. Namun, bisa kita cegah prosesnya agar tidak menjadi terlalu cepat atau sesuai dengan umur sobat sehat.

Tahukah sobat sehat? bahwa tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari yang membuat tubuh kita menuju proses penuaan lebih cepat dari seharusnya. Nah, kebiasaan ini karena tidak kita sadari dapat berlangsung terus menerus, saat kita sadari mungkin sudah terlambat. Tapi jangan khawatir kali ini akan kita bahas mengenai kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Kebiasaan yang Membuat Kita Terlihat Lebih Tua Tanpa Disadari
Beberapa kebiasaan yang dapat membuat kita terlihat lebih tua diantaranya : 

1. Meminum minuman berenergi
Minuman berenergi mengandung asam yang lebih tinggi dibandingkan dengan minuman soda. Zat asam yang ada dalam minuman berenergi dapat merusak enemal gigi atau lapisan terluar gigi dengan cara mengikisnya sedikit demi sedikit. Setelah terkikis akan merusak dentin, dentin adalah lapisan yang membangun struktur gigi yang lama kelamaan akan menjadi keropos sehingga bisa membuat gigi ompong sebelum waktunya. 

Solusinya jika ingin meminum minuman berenergi sebaiknya minum menggunakan sedotan sehingga meminimalisir kontak langsung antara zat asam yang ada pada minuman dengan gigi sobat sehat. Namun, alangkah lebih baiknya lagi jika mulai menguranginya atau bahkan tidak sama sekali mengkonsumsi karena tidak bagus untuk lambung.

2. Penggunaan Gadget
Saat kita menggunakan gadget, biasanya kita akan menekuk tulang leher untuk melihat ke bawah atau posisi dari gadget yang kita pegang. Postur tubuh yang tidak tegap saat penggunaan gadget dapat merangsang perubahan struktur tulang.

Walaupun tulang punggung kita tegap, tetapi jika tulang leher kita tertekuk itu seperti memaksa tulang leher untuk menopang berat kepala ke arah bawah, sehingga lama kelamaan bisa menjadi bungkuk.

3. Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah
Sebaiknya hindari menyisir rambut dalam keadaan basah atau sehabis keramas karena dapat menyebabkan kerapuhan struktur rambut dan kulit kepala sehingga rambut menjadi mudah rontok dan lama kelamaan bisa menjadi botak lebih cepat. 

Sebaiknya tunggu hingga rambut menjadi agak kering sebelum disisir atau bisa menggunakan sisir yang jari-jarinya jarang/tidak rapat.

4. Membersihkan Muka
Jenis muka setiap orang berbeda-beda sehingga penanganannya juga bervariasi. Kulit muka yang berminyak sebaiknya menggunakan air hangat ketika mencuci muka tujuannya agar dapat membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran yang masuk ke dalam, lakukan pencucian muka sebanyak 2 kali sehari. 

Jangan terlalu sering mencuci muka dengan sabun karena bisa membuat kulit menjadi terlampau kering sehingga keriput jadi cepat terlihat. Usahakan agar muka tidak terpapar langsung dengan matahari, bisa menggunakan topi, payung atau sunblock dengan spf 15-30.

Dengan mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat membuat kita terlihat lebih tua, diharapkan kita bisa mengubah kebiasaan itu agar penuaan dini yaitu proses penuaan yang lebih cepat dari umur yang seharusnya dapat kita cegah. Yuk sobat sehat kita mulai perubahan itu dari sekarang. Semoga artikel tentang Kebiasaan yang Membuat Kita Terlihat Lebih Tua Tanpa Disadari dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

"Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged"

Share this :

First
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔