Serba Serbi Penyakit Migrain, (Fakta, Gejala dan Pengobatannya)

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, migrain merupakan jenis sakit kepala yang sering ditemui dan dikenal oleh masyarakat. Penyakit migrain tidak berakibat fatal, namun sangat mengganggu bagi penderitanya karena merasakan nyeri yang hebat dan berkepanjangan.

Tahukah sobat sehat? Meski migrain hanya menyerang satu sisi kepala, tetapi jika dibiarkan lama kelamaan nyeri yang dirasakan akan meyebar di semua daerah kepala. Keparahan yang dirasakan biasanya lebih berat dibandingkan dengan sakit kepala biasa akibat kelelahan maupun stres. 

Biasanya orang yang sudah sering mengalami migrain sebelumnya telah mengetahui gejala yang menandakan bahwa sebentar lagi akan mengalami penyakit migrain. Berikut beberapa gejala yang mungkin menjadi pertanda akan datangnya migrain :
  1. Gangguan penglihatan akan menjadi sedikit kabur.
  2. Terlalu sensitif terhadap suara, cahaya atau bau-bauan.
  3. Merasa mual dan muntah.
  4. Merasakan sakit kepala selama 4 - 72 jam.
  5. Kepala terasa berdenyut pada satu sisi kepala.
  6. Merasakan nyeri pada satu sisi kepala secara beraturan, kadang kencang kadang mereda dan berlangsung berulang-ulang.
Pengobatan migrain sebenarnya sederhana, tidak terlalu mahal dan bisa dialakukan sendiri :

  • Migrain identik dengan nyeri di kepala. Untuk mengatasi ini penderita sebaiknya beristirahat di tempat yang nyaman dan tenang.
  • Berbaringlah di tempat tidur ntuk memulihkan sakit kepala yang berkepanjangan.
  • Bila masih nyeri berikan obat anti nyeri seperti parasetamol, ibu profen, metampiron, dll.
  • Supaya penyakit migrain ini tidak mudah kambuh, penderita bisa melakukan teknik relaksasi seperti berolahraga, windows shopping, tidur yang cukup serta hindari melihat benda yang bergerak cepat secara berulang, melihat obyek benda yang membuat pandangan kabur, menggerakkan bola mata ke kiri dan kanan secara beruntun, dll.
Saat ini banyak yang salah kaprah tentang penafsiran penyakit migrain. Sakit kepala biasa langsung menyebut migrain. Padahal migrain bukanlah sakit kepala biasa. Berikut beberapa fakta mengenai migrain yang akan kami jelaskan untuk s0bat sehat:

  1. Migrain terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Penderita migrain lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke. Bagi perempuan yang sering mengalami. migrain, sebaiknya hindari penggunaan pil KB karena dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah.
  2. Migrain dapat disebabkan oleh faktor genetika. Jika ada dari orang tua penderita migrain makan sobat sehat berisiko terkena migrain hingga 50%.
  3. Sebagian migrain mencapai puncaknya antara usia 35-40 tahun. Di usia tersebut migrain mulai jarang kambuh bahkan tidak sesakit biasanya. Namun, kasus ini tidak berlaku untuk perempuan yang sedang menglami perimenopause, karena perubahan hormon bisa memicu migrain terjadi lebih sering.
  4. Sekitar tiga dari empat penderita migrain adalah perempuan. Sedangkan pada laki-laki migrain sering terjadi pada masa sebelum pubertas,
  5. Obat migrain tidak bisa menyembuhkan sakit kepala. Memang ada beberapa obat sakit kepala yang dapat meringankan migrain. Namun, obat migrain biasanya tidak meredekan jenis sakit kepala yang lain.
  6. Mengkonsumsi keju cheddar dapat memicu terjadinya migrain. Beberapa makanan yang mengandung tyramine mampu memicu migrain. Maka hindarilah segala sesuatu yang mengandung keju tua, daging olahan dan makanan berfermentasi seperti kecap.
  7. Migrain menyerang pada satu sisi kepala hingga 60%. Penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut.
Berusahalah untuk berpikir positif agar terhindar dari tekanan yang nantinya akan menyebabkan otak berpikir keras dan dapat menjadi penyakit migrain. Luangkan waktu sobat sehat walau sejenak untuk menyegarkan pikiran dan hati sesuai dengan minat masing-masing. Semoga artikel tentang Serba Serbi Penyakit Migrain, (Fakta, Gejala dan Pengobatannya) dapat bermanfaat bagi sobat sehat.
Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔