Manfaat Daun Kelor yang Perlu Diketahui

Salam hangat sobat sehat, siapa yang tidak kenal dengan istilah dunia tak seluas daun kelor. Namun, sudahkah sobat sehat melihat wujud daun kelor? Daun kelor ini berbentuk kecil-kecil, bulat dan lonjong dengan istilah ilmiahnya disebut dengan moringa oleifera.

Tahukah sobat sehat? Walaupun bentuknya yang kecil, tetapi daun ini memiliki manfaat yang luar biasa. Beberapa penilitian menyebutkan daun kelor ini tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Di negara India daun kelor ini sudah biasa digunakan untuk mengobati penyakit bronkhitis dan gangguan pernapasan.

Di beberapa daerah di Indonesia, daun kelor tenyata juga sudah biasa dipergunakan untuk melancarkan ASI seperti halnya daun katuk. Bahkan di NTT ada perkebunan daun kelor seluas 2 hektar. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan penggunaan daun kelor diantaranya hepatitis, jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dll.  

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi. Dalam perawatannya cukup dengan memotong daun yang paling atas, kemudian tunas baru akan muncul lagi, begitu seterusnya. Daun kelor akan tumbuh baik pada musim kemarau dan tanah yang berbatu. Daunnya akan terlihat sangat hijau.

Beberapa kandungan daun kelor yang bermanfaat bagi tubuh manusia :

1. Mengandung lebih banyak vitamin C
Masyarakat umum biasanya mengenal jeruk sebagai tanaman yang kaya akan vitamin C. Namun ternyata daun kelor memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 3x dibandingkan jeruk. Vitamin C sangat baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. 

2. Memiliki kandungan potassium yang tinggi
Potassium merupakan zat yang ada di dalam tubuh yang berfungsi untuk aktivitas sel. Di dalam daun kelor nilai potassiumnya lebih tinggi 3x dibandingkan dengan buah pisang. Potassium bagus utuk sistem syaraf yang ada dalam tubuh.

3. Kaya akan vitamin A
Kandungan vitamin A nya lebih banyak 5x lipat dibandingkan dengan wortel. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, kesehatan kulit yang berjerawat dan untuk pencernaan.

4. Mengandung kalsium
Kadar kalsium pada daun kelor lebih tinggi 5x dibandingkan dengan susu dimana kalsium sangat dibutuhkan pertumbuhan tulang.

Jika sobat sehat dekat dengan tanaman daun kelor, tidak ada salahnya hlo mulai mencoba mengkonsumsinya.

Eat Well, Live Well
100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Wah bagus ya
untuk membantu bagi Anda yang ingin merasakan khasiat daun kelor namun sulit mendapatkannya di daerah Anda, kami jual kapsul moringa / kapsul kelor
KLIK jual daun kelor

Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line


Balas

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔