Waspadai Rambut Rontok, Apa Penyebab dan Tipsnya

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, rambut merupakan mahkota manusia yang berharga. Apalagi untuk perempuan, rambut menjadi salah satu daya tarik kecantikan. Bisakah sobat sehat bayangkan kalau kita khususnya perempuan jika tidak mempunyai rambut?aneh bukan? Oleh karena itu kerontokkan rambut bisa menjadi masalah besar.

Tahukah sobat sehat? sebenarnya rambut memiliki 3 tahap dalam proses pembentukannya yaitu proses Anagen dimana saat rambut mulai tumbuh, proses Telogen dimana kerontokan rambut lebih besar dari normal serta proses Katagen dimana fase transisi pertumbuhan rambut.

Kerontokan rambut terjadi karena kulit kepala tempat tumbuh rambut yang mulai menipis. Daerah tropis seperti di Indonesia kerontokan rambut penyebab utamanya adalah kulit kepala yang berminyak. Kulit kepala yang berminyak menyebabkan produksi lemak yang berlebih yang menyebabkan peradangan folikel rambut.

Kulit kepala yang berminyak merupakan kulit kepala yang kelenjar sebasilnya berproduksi aktif yang menimbulkan peradangan di kulit kepala yang mengakibatkan folikel rambut mudah patah dan tidak mudah untuk tumbuh kembali. Dikatakan kerontokkan yang normal jika rambut yang rontok sekitar 50-100 helai rambut per hari jika lebih dari 100 mesti hati-hati. Apalagi lebih dari jumlah rambut yang tumbuh sobat sehat mesti mulai waspada.

Rambut rontok ditandai dengan kondisi tercabutnya rambut dari bagian akar. Selain tadi beberapa penyebab kerontokkan meliputi :
  1. Perlakuan sehari-hari yaitu hairstyling seperti pewarnaan rambut, rebonding, catok, pengkritingan rambut, dll.
  2. Infeksi karena jamur
  3. Peradangan atau ketombe pada kulit kepala
  4. Konsumsi obat-obatan seperti obat jantung, obat kanker, dll
  5. Kemoterapi dan radiasi
  6. Diet berlebihan sehingga kekirangan nutrisi
Tips menjaga rambut agar tidak rontok :
  1. Konsumsi nutrisi yaitu makanan yang mengandung selenium, zinc, protein, vitamin C dan vitamin B. Makanan yang bisa kita konsumsi dalam mencegah kerontokkan seperti jeruk, strawberi, ikan, kerang, kacang merah dan susu.
  2. Gunakan shampo yang sesuai jenis rambut, jika rambut kering gunakan shampo dengan Ph (kadar asam) yang rendah dengan menggunakan air dingin.
  3. Saat keramas jangan mengunakan kuku karena dapat merusak kulit kepala.
  4. Jangan menggosok rambut setelah keramas dengan handuk karena dapat merusak rambut. Tekan-tekan saja dengan lembut menggunakan handuk dan biarkan kering sendiri.
  5. Hindari menyisir rambut yang basah setelah keramas karena dpat menyebabkan kerapuhan struktur rambut.
Cara pengobatan secara tradisional untuk kerontokkan yang diakibatkan oleh ketombe bisa menggunakan kalapa hijau. Fungsinya adalah membantu keseimbangan ph kulit kepala. Berikut penjelasan tahapan-tahapanya :
  1. Siapkan kelapa hijau yang dipotong bagian atasnya;
  2. Masukkan 1 sdt garam aduk hingga merata;
  3. Taruhlah kelapa hijau di luar rumah selama semalaman;
  4. Tuang kelapa hijau yang telah diendapkan semalaman;
  5. Ambil kapas, kemudian usapkan di kulit kepala;
  6. Bungkus kepala dengan handuk yang telah direndam di air hangat agar dapat meresap;
  7. Bilas rambut dengan shampo yang memiliki ph rendah.
Jika dalam 3 bulan tidak terjadi perubahan dalam frekuensi rambut yang rontok, sebaiknya sobat sehat segera konsultasikan kepada dokter. Karena rambut rontok yang parah bisa menjadi salah satu tanda terdapat penyakit lain yang lebih serius, misalnya penyakit lupus. Semoga artikel tentang Waspadai Rambut Rontok, Apa Penyebab dan Tipsnya dapat bermanfaat bagi sobat sehat.
Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔