Bahaya Mengkonsumsi Daging Merah Secara Berlebihan

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, sebagian besar sobat sehat tentunya menyukai daging merah misalnya daging sapi maupun daging kambing bukan? Daging merah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti zat besi, vitamin C dan D, kalsium serta protein yang baik untuk tubuh manusia . Tapi tahukah sobat sehat, bahwa ada bahaya yang mengintai dibalik daging merah jika kita mengkonsumsi secara berlebihan.

Ya sesuatu yang berlebihan memang berdampak buruk. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan apalagi dengan lemak yang masih menempel pada daging dapat menimbulkan resiko kesehatan.

Berikut gambaran kandungan gizi yang terdapat pada daging merah per 100 gramnya :
  1.  Kalori = 332 kkal
  2. Lemak = 30 gram
  3. Kolesterol = 78 mg
  4. Selenium = 17 mg
  5. Zat Seng (Zn) = 4,0 mg
  6. Protein = 25 gram
  7. Asam Lemak Omega 3 = 30 mg per 150 mg
Beberapa resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari mengkonsumsi daging merah adalah :
  • Penyakit Jantung
Dalam sebuah studi yang dimuat di jurnal Nature Medicine New York memperlihatkan bahwa senyawa karnitin dalam daging merah akan dihancurkan oleh bakteri di pencernaan. Penghancuran senyawa ini akan menghasilkan kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi daging merah secara rutin dapat merusak kesehatan jantung karena tingginya kandungan lemak jenuh. 
  • Pemicu Kanker
Studi yang telah dilakukan American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Fund memperlihatkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi setiap 100 gram daging merah per hari, maka ia berisiko mengidap kanker usus besar sebesar 17% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Prosentasinya akan naik sebesar 36% jika mengkonsumsi daging merah yang sudah diolah seperti sosis maupun daging ham. Senyawa yang bernama heterocyclicamines inilah yang harus diwaspadai karena pemicu penyakit kanker.
  • Obesitas (Kegemukan)
Kebanyakan daging merah yang kita konsumsi masih melekat lemak yang ikut termasak. Kadar lemak jahat yang terkandung dalam daging merah jika dikonsumsi dapat menyebabkan penimbunan di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit.
  • Diabetes Tipe 2
Penyakit ini terjadi jika kondisi tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang digunakan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Menurut JAMA Internal Medicine mengkonsumsi daging merah berlebih dapat menyebabkan terserang penyakit diabetes tipe 2 atau diabetes melitus karena asam lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah sangatlah tinggi.

Cara mengurangi resiko bahaya dalam mengkonsumsi daging merah dintaranya :
  1. Pilihlah daging yang tidak ada lemak putih yang menempel.
  2. Konsumsilah mentimun untuk menetralisir lemak jahat yang terkandung dalam daging merah.
  3. Seimbangkan dengan mengkonsumsi sayuran.
  4. Perhatikan dalam pengolahan daging merah, jauhkan dari minyak goreng sebaiknya dengan cara dikukus, direbus atau boleh juga dipanggang.
  5. Berolahragalah agar lemak jahat yang terlanjur masuk di dalam tubuh dapat luruh bersama keringat.
  6. Konsumsilah jus jeruk setelah mengkonsumsi daging merah. Jus jeruk menjadi penetral lemakdi dalam tubuh. 
Mengkonsumsi daging merah bukannya tidak boleh sama sekali. Namun, sobat sehat sebaiknya lebih bijak dalam mengkonsumsinya, jangan melebihi 100 gram tiap harinya atau jangan tiap hari mengkonsumsi daging merah, selain tidak sehat untuk tubuh kita daging merah juga tidak sehat untuk keuangan kita. Betul bukan? Hehe. Semoga artikel tentang Bahaya Mengkonsumsi Daging Merah Secara Berlebihan dapat bermanfaat bagi sobat sehat.
Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔