5 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Peduli Kesehatan - Jagung bakar, jagung rebus, popcorn merupakan makanan favorit yang berasal dari jagung. Jagung memiliki nama ilmiah Zea mays ssp. mays yang masuk dalam genus Zea.

Tahukah sobat sehat? Jagung dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, caranya dengan menggunakan salah satu bagian tubuh dari jagung yaitu rambut jagung sebagai bahan utama. Jika sobat sehat tadinya membuat sisa-sisa pada rambut jagung, mungkin sebaiknya sekarang disimpan untuk dapat dimanfaatkan. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi rambut jagung :

1.  Pereda Panas Dalam
Saat merasakan panas dalam, sebagian dari kita cenderung memilih minuman pereda panas dalam yang dijual di berbagai toko. Namun, ternyata ada cara yang lebih alami untuk meredakan panas dalam yaitu dengan menggunakan rebusan rambut jagung.  Dengan mengkonsumsi rebusan rambut jagung akan meredakan panas dalam secara bertahap.  

Caranya dengan merebus 30 gram rambut jagung dan daun pandan dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih dan air menyusut. Saring air rebusan dan diamkan sampai dingin. Lalu minumlah secara teratur.

2. mengatur Gula Darah
Diabetes kini merupakan penyakit yang umum ditemukan karena semakin bertambahnya penderita yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini bisa terjadinya karena meningkatnya kandungan gula dalam darah. jika gula darah tidak dikontrol bisa mengakibatkan penderita diabetes mengalami komplikasi yaitu penyakit jantung, stroke bahkan hingga kematian. 

Rambut jagung ternyata bisa digunakan untuk mengontrol gula darah yang berlebihan. Menurut penenlitian yang dilakukan pada tahun  2012 menemukan bahwa ekstrak rambut jagung dapat menekan gula darah sehingga mencegah penyakit diabetes. Caranya dengan merebus 50 gram rambut jagung dengan 2 gelas air. Minumlah secara teratur agar gula darah dapat dikontrol dengan baik.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, rambut jagung bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah. Nutrisi pada rambut jagung segar atau yang telah dijadikan teh dipercaya mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh secara perlahan dan bertahap. 

Caranya mudah saja, siapkan 30-50 gram rambut jagung, 1 ruas jahe dan air secukupnya. Rebus bahan-bahan tadi jingga mendidih, saring, kemudian tambahkan dengan madu. Minumlah secara teratur untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. 

4. Mengobati Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal terjadi karena material atau zat-zat sisa di dalam darah mengkristal dan mengendap seiring berjalannya waktu. Jika ukuran kristal tersebut sangat kecil penderita tidak akan merasakan karena dapat ikut terbuang ketika kencing. Namun, jika kristal sudah berukuran besar barulah penderita akan merasakannya.

Rambut jagung ternyata bisa juga untuk mengobati batu ginjal karena kandungan di dalamnya mampu memecah kristal tersebut menjadi serpihan halus. Caranya dengan merebus jagung mudah sebanyak 4 buah, 1 genggam rambut jagung dan 8 buah daun keji beling. Ambil sisa air rebusan dengan terlebih dahulu menyeringnya. Minumlah selama 14 hari dan liat reaksinya.  

5. Mencegah Infeksi Saluran Kandung Kemih
Beberapa penelitian mengatakan bahwa nutrisi yang terkandung dalam rambut jagung mampu membersihkan dan membunuh bakteri di sekitar pundi sehingga dapat terhindar dari infeksi. Caranya, rambut jagung cukup diseduh dan diminum setiap pagi. 

Nah, jika sobat sehat menemukan rambut jagung yang dibuang begitu saja, sebaiknya beritahukan artikel ini, siapa tahu mereka akan memanfaatkannya. Semoga artikel tentang 5 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔