4 Penyebab Kegemukan (Obesitas) Selain dari Makanan

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, Kegemukan atau obesitas merupakan kondisi dimana badan kelebihan berat yang diakibatkan oleh tibunan lemak yang berlebihan. Setiap manusia memerlukan lemak yang digunakan untuk menyimpan energi, penyerap guncangan, penyimpan panas, dan fungsi lainnya. Namun, lemak menjadi penyebab utama obesitas atau kegemukan.

Tahukah sobat sehat? Obesitas terjadi karena kalori yang dikonsumsi tidak sebanding dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh serta malas berolahraga menjadi faktor yang dapat membuat badan menjadi gemuk. Namun, ada beberapa penyebab kegemukan yang mungkin sobat sehat tidak pernah duga. Apakah saja itu? Mari kita simak lebih lanjut.

1. Menyalakan Air Conditioner (AC)
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh International of Obesity mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan negara dengan tingkat obesitas paling tinggi. Penggunaan AC terus meningkat di negara ini, alasannya agar tubuh berada di suhu yang nyaman. 

Padahal jika sobat sehat berada di suhu yang nyaman, mengakibatkan tubuh tidak perlu bekerja untuk mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Akibatnya lemak yang seharusnya terbakar oleh aktivitas akhirnya malah tertimbun di dalam tubuh terutama bagian perut. Dengan suasana suhu yang nyaman orang akan terasa nikmat untuk menyantap apapun. Solusinya adalah masukkan jadwal olahraga di dalam agenda harian sobat sehat agar lemak tetap terbakar walaupun menggunakan AC.

2. Kurang Tidur
Jangan salah persepsi dengan kurang tidur tubuh akan menjadi kurus, justru sebaliknya akan menjadi gemuk. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Archives Disease Childhood mengungkapkan bahwa saat seseorang kurang mendapatkan istirahat ternyata mempengaruhi pembentukan glukosa yang akhirnya muncul penyakit diabetes. 

Disaat bersamaan kurang tidur akan mengakibatkan meningkatnya perasaan lapar sehingga nafsu makan justru meningkat. Selain itu kurang tidur bisa mengakibatkan badan lemas sehingga kegiatan fisik yang seharusnya dilakukan siang hari akan berkurang. Padahal pada siang hari merupakan pembakaran lemak paling maksimal. Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya kegiatan begadang dihindari saja

3. Menyalakan Lampu Saat Tidur
Ketika tidur dengan keadaan lampu kamar tidur menyala memungkinkan sobat sehat sering terbangun. Ketika sudah terlanjur terbangun biasanya akan sulit untuk melanjutkan tidur karena perut akan terasa lebih lapar sehingga membuat sobat sehat memutuskan untuk makan makanan yang ada. Padahal makan di malam hari dengan melanjutkan tidur akan membuat lemak yang masuk di dalam tubuh tidak dapat diurai.

4. Akibat Polusi
Menurut riset dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition polusi dapat mempengaruhi metabolisme tubuh terutama yang bisa melakukan pembakaran tak sehat dalam tubuh kita. Beberapa polusi yang dapat mengganggu metabolisme tubuh adalah zat kimia yang terdapat dalam plastik, sisa pembakaran sampah, zat yang terdapat dalam pestisida, dll. Sebisa mungkin hindari polusi yang sangat mengganggu dan usahakan tidak makan makanan yang dalam pertumbuhannya menggunakan pestisida. Gunakan juga tanaman yang mampu menangkal polusi udara.

Selalu ingatlah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak makan makanan secara berlebihan, berolahraga dan cukup istirahat dengan begitu sobat sehat akan selalu sehat terjaga dari kegemukan dan memiliki bonus memiliki penampilan yang menarik. Semoga artikel tentang 4 Penyebab Kegemukan (Obesitas) Selain dari Makanan dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔