Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, Beberapa diantara kita menjadikan buah mangga menjadi buah favorit. Rasanya yang cenderung manis membuat buah mangga mempunyai banyak penggemar. Belum lagi harganya yang cenderung murah tetapi memiliki gizi yang cukup tinggi membuat buah mangga menjadi salah satu buah yang patut diperhitungkan.

Tahukah sobat sehat? Di Negara Srilangka terdapat makanan yang memiliki harga yang sangat fantastis yaitu 145 juta dengan nama The Fortress Stilt Fisherman, bahan yang terdapat di dalam makanan ini salah satunya adalah buah mangga. 

Buah mangga ini biasa dikonsumsi begitu saja, dibuat jus, untuk campuran makanan penutup bahkan untuk membuat sambal mangga muda. Kandungan gizinya yang luar biasa membuat buah ini cukup terkenal untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Mari kita simak bersama penjelasan lengkapnya.

1. Membuat Kulit Lembut dan Bersinar
Mengkonsumsi buah mangga secara teratur ternyata bisa membuat warna kulit merata, lebih lembut dan lebih bersinar. Hal tersebut bisa terjadi karena buah mangga mengandung serat dan vitamin A yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kusam, mencegah pori-pori menjadi terbuka, mengatasi jerawat, serta menghaluskan kulit. Selain itu kandungan vitamin C bisa membantu pembukaan kolagen sehingga kulit sobat sehat menjadi lebih sehat. Disamping itu kandungan vitamin B3 dan vitamin D yang terkandung di dalam buah mangga dapat menyehatkan kulit rambut. 

Selain dikonsumsi untuk mendapatkaan manfaat dari dalam, buah mangga bisa dimanfaatkan dari luar yaitu untuk masker. Caranya adalah siapkan:
  • 1 buah mangga 
  • 1 sdm oatmeal
  • 1 sdm yoghurt 
Kupas mangga kemudian haluskan, campurkan dengan oatmeal dan yoghurt, aduk hingga merata. Masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit, oleskan merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas wajah menggunakan air bersih. Seka dengan handuk bersih dengan cara ditekan-tekan saja, jangan digosok.

2.  Meningkatkan Daya Ingat
Jika sobat sehat merasa daya ingatnya melemah, konsumsilah buah mangga karena buah ini mengandung asam glutamin. Asam glutamin merupakan salah satu jenis asam amino yang diserap otak dan memiliki manfaat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan memperkuat daya ingat. Para ahli menyatakan bahwa glutamin dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dianjurkan bagi sobat sehat yang sedang menjalankan program diet.

3. Menyehatkan Mata
Bahan alami yang biasanya digunakan untuk menyehatkan mata adalah wortel. Tapi tahukah sobat sehat? Buah mangga ternyata memiliki vitamin A yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur membuat sobat sehat terhindar dari penyakit mata diantaranya rabun mata, gatal-gatal pada mata, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan mata. 

Hal tersebut karena kandungan pada buah mangga bisa menutrisi organ mata sobat sehat. Beberapa ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi buah mangga sebagai pemasok 25% dari kebutuhan vitamin A pada tubuh kita.

4. Penangkal Berbagai Jenis Kanker
Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia. Jenis penyakit kanker yang dapat dicegah dengan buah mangga diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker darah putih atau leukimia dan kanker prostat. Buah mangga mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Buah asal India ini juga kaya akan pektin. Pektin ini sangat baik bekerja di saluran pencernaan.

Ketika musim mangga tiba, seringlah mengkonsumsi buah ini agar terasa manfaatnya. Jangan ngambil mangga tetangga tanpa bilang-bilang ya sobat sehat. Hehe. Semoga artikel tentang Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔