Bit Merah yang Kaya Manfaat

Peduli Kesehatan - Salam hangat sobat sehat, Di kalangan masyarakat menengah ke bawah nama buah ini kurang begitu dikenal untuk dikonsumsi karena belum begitu populer dan harganya yang tergolong mahal. Buah bit dalam istilah ilmiahnya biasa disebut dengan nama Beta Vulgaris.

Tahukah sobat sehat? Buah bit merah tidak hanya bermanfaat untuk memberikan warna alami dalam pembuatan produk pangan, tetapi juga memiliki segudang khasiat bagi tubuh yang tak kalah banyak dengan bayam, brokoli, dll.

Buah bit merah merupakan buah yang kaya akan senyawa pigmen betalain yang berfungsi sebagai antioksidan yang merupakan pengganti yang dapat melindungi sel-sel rusak akibat dari radikal bebas. Buah ini dapat diolah menjadi jus, campuran salad atau dapat juga dibuat untuk campuran sup. Warna merahnya menggoda untuk disantap.

Berikut beberapa manfaat yang dapat dirasakan setelah mengkonsumsi buah bit merah :

1. Pencegah dan mengobati anemia
Dengan kandungan kadar besi yang mengikat oksigen ke sel-sel darah merah dan memasok tubuh dengan oksigen dapat mencegah penyakit anemia.

2. Pendukung dalam meningkatkan stamina
Menurut Journal of Applied Physiology menyatakan bahwa orang-orang yang sering bersepeda dan mengkonsumsi jus buah bit merah memiliki ketahanan fisik lebih baik dibandingkan mereka yang mengkonsumsi plasebo. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang terdapat dalam bit mampu mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan selama latihan, sehingga dapat menghemat energi.

3. Pendukung untuk meningkatkan fungsi otak
Menurut penelitian dalam artikel Nitric Oxide : Biology and Chemistry menjelaskan bahwa para lansia mengalami peningkatan aliran darah ke otak setelah mengkonsumsi jus bit.

4. Penetralisir hipertensi
Mengkonsumsi buah bit merah seperti mengkonsumsi obat nitrat karena buah ini memiliki komponen nitrat sehingga dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot polos.

Dahulu buah bit merah ini sulit ditemukan, tetapi dengan popularnya buah ini sekarang sangat mudah menemukannya di pasar swalayan. Sobat sehat sesekali cobalah buah bit merah ini dan rasakan manfaatnya. Semoga artikel tentang Bit Merah yang Kaya Manfaat dapat bermanfaat bagi sobat sehat.

Eat Well, Live Well, 100% Fully Charged

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, berbau SARA dan Poronografi atau sejenisnya akan dihapus. Selamat berkomentar Sobat Sehat ^^
  • © Peduli Kesehatan 100% ✔